SELAMAT DATANG

Terima Kasih dan Selamat Datang di Bung Joss.

Ini adalah media pembelajar. Anda bisa belajar dan sekaligus anda juga bisa mengajar.

Itulah esensi sebuah semangat berbagi yang coba saya kembangkan di blog ini.

Akhirnya, semoga blog ini berarti bagi anda dan saya. Terima kasih.

Salam Joss....

18 April, 2012

GAYA BELAJAR VISUAL

Modalitas dan gaya belajar ini mengakses citra visual yang diciptakan maupun yang diingat. Warna, hubungan, ruang, potret mental dan gambar menonjol dalam modalitas ini. Berikut adalah cirri modalitas gaya belajar visual :  

Fisiologi :
  • Gerakan bola mata ke atas
  • Bernapas dengan pernapasan dada
  • Nada suara tinggi
  • Napas pendek/dangkal dan cepat
  • Mengakses informasi dengan melihat ke atas
  • Tempo bicara cepat
  • Pandangan muka ke atas
  • Tangan bergerak di atas dada
  • Postur atas dan tegak
  • Kata-kata yang sering dipakai oleh orang visual adalah “melihat, memandang, menonton, fokus”.
  • Bahasa yang digunakan, misalnya “Saya dapat melihat maksud anda”, “Ini kelihatannya bagus”, “Dapatkah anda bayangkan?”, “Hal ini tampaknya cukup rumit”, “Saya mendapatkan gambarannya” atau “Kelihatannya benar”.
  • Teratur memperhatikan segala sesuatu dan menajga penampilan.
  • Dalam keadaan santai, mereka biasanya lebih menyukai kegiatan menonton film, video, pergi ke bioskop atau membaca buku.
  • Dalam berkomunikasi, mereka senang berbicara dengan tatap muka.
  • Suka memperhatikan gerak-gerik lawan bicara.
  • Bicara cepat, berapi-api melalui gambar yang ada dalam bayangannya, kurang menyukai dalam hal mendengar orang lain berbicara.
  • Kebanyakan mereka melupakan nama orang yang ditemui, tetapi ingat pada wajahnya.
  • Ketika sedang tidak ada kegiatan, mereka senang mengamati sesuatu atau seseorang.
  • Berpenampilan rapi dan bersih.
  • Bidang pekerjaan yang sesuai dengan orang visual adalah konseptor, perencana dan arsitektur.

Karakteristik :

  • Kata-kata yang sering dipakai oleh orang visual adalah “melihat, memandang, menonton, fokus”.
  • Bahasa yang digunakan, misalnya “Saya dapat melihat maksud anda”, “Ini kelihatannya bagus”, “Dapatkah anda bayangkan?”, “Hal ini tampaknya cukup rumit”, “Saya mendapatkan gambarannya” atau “Kelihatannya benar”.
  • Teratur memperhatikan segala sesuatu dan menajga penampilan.
  • Dalam keadaan santai, mereka biasanya lebih menyukai kegiatan menonton film, video, pergi ke bioskop atau membaca buku.
  • Dalam berkomunikasi, mereka senang berbicara dengan tatap muka.
  • Suka memperhatikan gerak-gerik lawan bicara.
  • Bicara cepat, berapi-api melalui gambar yang ada dalam bayangannya, kurang menyukai dalam hal mendengar orang lain berbicara.
  • Kebanyakan mereka melupakan nama orang yang ditemui, tetapi ingat pada wajahnya.
  • Ketika sedang tidak ada kegiatan, mereka senang mengamati sesuatu atau seseorang.
  • Berpenampilan rapi dan bersih.
  • Bidang pekerjaan yang sesuai dengan orang visual adalah konseptor, perencana dan arsitektur.

Strategi Mengajar
  • Menggunakan media kerts tulis dengan tulisan atau tinta berwarna daripada papan tulis.
  • Mendorong siswa untuk menggambarkan informasi dengan menggunakan diagram dan warna.
  • Beri kode warna untuk bahan pelajaran dan sebaiknya dorong siswa untuk mencatat aneka warna.
  • Mengingat dengan gambar, lebih suka membaca daripada dibacakan.
  • Membutuhkan gambaran, tujuan menyeluruh, menagkap detail dan mengingat apa yang dilihat.
  • Suka membuat coretan-coretan.
  • Gerakan tubuh/body languange
  • Buku, majalah
  • Grafik, diagram
  • Peta pikiran/mind maping
  • Visualisasi
  • OHP/LCD Projector
  • Poster/leaflet
  • Flow chart
  • Highlighting (memberi warna pada bagian yang dianggap penting)
  • Kata-kata kunci yang dipajang disekeliling kelas
  • Tulisan dengan warna yang menarik
  • Model/peralatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar