SELAMAT DATANG

Terima Kasih dan Selamat Datang di Bung Joss.

Ini adalah media pembelajar. Anda bisa belajar dan sekaligus anda juga bisa mengajar.

Itulah esensi sebuah semangat berbagi yang coba saya kembangkan di blog ini.

Akhirnya, semoga blog ini berarti bagi anda dan saya. Terima kasih.

Salam Joss....

18 April, 2012

GAYA BELAJAR KINESTETIK

Modalitas atau gaya belajar kinestetik mengakses segala jenis gerak dan emosi. Gerakan, koordinasi, irama, tanggapan emosional dan kenyamanan fisik menonjol. Berikut ciri modalitas gaya belajar kinestetik :  

Fisiologis
  • Gerakan bola mata kearah bawah.
  • Pernapasan perut dan dalam.
  • Suara cenderung berat, lambat, dalam dan ada jeda.
  • Banyak menggunakan gerakan/ bahasa tubuh.
  • Mengakses informasi sambil melihat ke bawah.
  • Postur tubuh cenderung ke bawah dan menunduk.

Karakteristik
  • Menyentuh orang yang berdiri berdekatan.
  • Belajar dengan melakukan.
  • Menunjuk tulisan saat membaca.
  • Kata-kata yang sering dipakai oleh orang kinestetik adalah merasa, halus atau kasar, berat atau ringan, menangani atau melangkah, mengingat sambil berjalan.
  • Kalimat yang biasanya digunakan misalnya, “Ini rasanya kurang pas”, “Ini rasanya masih kurang jelas”,  “Suasana di tempat ini terasa segar”.
  • Dalam berkomunikasi biasanya senang dengan melakukan sesuatu.
  • Dalamkeadaan santai mereka biasanya lebih menyukai games dan berolahraga.
  • Mereka berbicara agak lambat, lebih menggunakan bahasa tubuh, gesture dan ekspresi.
  • Dalam keadaan tidak ada kegiatan mereka cenderung gelisah.
  • Bidang pekerjaan yang sesuai dengan orang kinestetik adalah pelukis, pemahat, koki dan atlit.

Strategi Mengajar
  • Keterlibatan fisik.
  • Gunakan alat bantu saat mengajar untuk menimbulkan rasa ingin tahu dan menekankan konsep.
  • Ciptakan simulasi konsep agar siswa mengalaminya.
  • Peragakan konsep sambil memberi kesempatan kepada siswa untuk mempelajari langkah demi langkah.
  • Ijinkan siswa berjalan-jalan di dalam kelas.
  • Ceritakan pengalaman pribadi mengenai wawasan belajar dan doronglah siswa untuk mengalaminya.
  • Meniru adegan atau demonstrasi.
  • Field trip.
  • Membuat model.
  • Memainkan peran/skenario.
  • Highlighting.
  • Tick It.
  • Berjalan.
  • Membuat peta pikiran.
  • Berjalan-jalan ketika sedang membaca.
  • Menggunakan gerakan tubuh untuk menjelaskan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar