SELAMAT DATANG

Terima Kasih dan Selamat Datang di Bung Joss.

Ini adalah media pembelajar. Anda bisa belajar dan sekaligus anda juga bisa mengajar.

Itulah esensi sebuah semangat berbagi yang coba saya kembangkan di blog ini.

Akhirnya, semoga blog ini berarti bagi anda dan saya. Terima kasih.

Salam Joss....

18 April, 2012

GAYA BELAJAR AUDITORI

Gaya belajar  ini mengakses segala bunyi dan kata. Musik, nada irama, rima, dialog internal dan suara menonjol. Berikut ciri modalitas gaya belajar auditori :  

Fisiologi
  • Gerakan bola mata sejajar telinga.
  • Napas merata di daerah diagfragma.
  • Suara jelas dan kuat, sedang, mengalun dan memiliki ritme.
  • Bicara sedikit lebih lambat dari orang visual.
  • Mengakses in formasi dengan menengadakan kepala.
  • Pandangan muka ke depan.
  • Postur tubuhnya datar seimbang.
  • Peka akan fungsi pendengarannya.
   
Karakateristik
  • Perhatian mudah terpecah.
  • Berbicara dengan pola berirama.
  • Belajar dengan cara mendengarkan.
  • Ketika membaca suka menggerakkan bibir atau bersuara.
  • Berdialog secar internal dan eksternal.
  • Berpartisipasi dalam diskusi dan debat.
  • Membaca teks dengan suara keras.
  • Menciptakan music jingle untuk meningkatkan daya ingat.
  • Kata-kata yangs erring dipakai orang auditori, yaitu mendengar, melengking, tersedu, gembira, meliuk-liuk.
  • Kalimat yang digunakan misalnya, “Saya mendengar apa yang kamu katakan”, “Ini masih kurang terdengar dengan jelas”, “Hal itu terdengar menarik”, “Suaranya melengking dan nyaring”.
  • Dalam keadaan santai, mereka biasanya lebih menyukai mendengarkan musik.
  • Biasanya agak kurang memperhatikan laan bicaranya, dia hanya mendengar suara lawan bicaranya. Oleh karena itu mereka lebih senang berbicara melalui telpon.
  • Mereka sangat menikmati pembicaraan dengan orang lain.
  • Kebanyakan mereka melupakan wajah orang yang ditemui, tetapi mengingat namanya.
  • Bidang pekerjaan yang sesuai untuk orang auditori adalah pembawa acara, presenter, pembicara dan penyanyi.
   
Strategi Mengajar
  • Suara yang jelas dengan intonasi yang terarah dan bertenaga.
  • Gunakan variai vocal (perubahan nada, kecepatan dan volume).
  • Gunakan pengulangan dan mintalah siswa menyebutkan kembali konsep pelajaran.
  • Gunakan musik sebagai aba-aba untuk memulai kegiatan rutin.
  • Membaca dengan keras
  • Menggunakan pembicara tamu
  • Sesi tanya jawab
  • Rekaman ceramah/kuliah
  • Diskusi dengan teman
  • Belajar dengan mendengarkan atau menyampaikan informasi
  • Kuliah
  • Permainan peran (role play)
  • Teknik Mnemonics
  • Musik
  • Kerja kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar